Senin, 29 Agustus 2016

CARA KOLONI BURUNG LOVEBIRD

Dalam brending kandang koloni, sepasang lovebird telah berjodoh tak akan berpindah pasangan. Model yang seperti ini dapat kamu lakukan dalam kandang soliter / battery.
Lovebird, di alam yang liar burung ini dikenal dengan monogami atau burung setia banget sama pasangannya. Namun, bukan berarti seekor burung jantan tidak dapat dikembangbiakan dalam kehidupan berpoligami. Banyak juga seorang penangkar lovebird yang sukses, menerapkan sistem poligami ini.

BETERNAK LOVEBIRD KOLONI, IDEALNYA 1 JANTAN DAN 3 BETINA!

Tujuan dalam beternak lovebird dengan sistem tersebut, tentunya menghemat pejantan yang bakal dipakai untuk mengawani induk betina. Secara teoritis, induk jantan mampu mengawini hingga 4-5 ekor induk betina, menggunakan persentase fertilitas yang tetap sama.
Berdasarkan pengalaman penangkar burung lovebird, dalam perkawinan poligami lovebird menggunakan rasio 1 : 3. Disimpulkan seekor pejantan mengawani tiga induk betina.
Namun model ini sini tak seperti peternakan ayam, dimana seekor jantan dicampur dengan betina dalam satu kandang. Jika model tersebut dilakukan pada lovebird, maka burung jantan hanya mau mengawini seekor betina saja dan akan timbul sifat asli burung lovebird yang setia sama pasangannya.
Berikut tahap-tahapan dalam beternak lovebird koloni yang baik dan benar:

TAHAP 1, “SELEKSI INDUKAN”

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar